Minggu, 25 Oktober 2020

WEBSITE TENTANG GO-JEK

 GO-JEK


GO-JEK adalah sebuah perusahaan teknologi berjiwa sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di berbagai sektor informal di Indonesia. Kegiatan GO-JEK bertumpu pada 3 nilai pokok: kecepatan, inovasi, dan dampak sosial. Para driver GO-JEK mengatakan bahwa pendapatan mereka meningkat semenjak bergabung sebagai mitra dengan mendapatkan akses ke lebih banyak pelanggan melalui aplikasi kami. Mereka juga mendapatkan santunan kesehatan dan kecelakaan, akses kepada lembaga keuangan dan asuransi, cicilan otomatis yang terjangkau, serta berbagai fasilitas yang lain. GO-JEK telah beroperasi di 50 kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Solo, Manado, Samarinda, Batam, Sidoarjo, Gresik, Pekanbaru, Jambi, Sukabumi, Bandar Lampung, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Mataram, Kediri, Probolinggo, Pekalongan, Karawang, Madiun, Purwokerto, Cirebon, Serang, Jember, Magelang, Tasikmalaya, Belitung, Banyuwangi, Salatiga, Garut, Bukittinggi, Pasuruan, Tegal,Sumedang, Banda Aceh, Mojokerto, Cilacap, Purwakarta, Pematang Siantar, dan Madura serta pengembangan di kota-kota lainnya pada tahun mendatang.


1.     GOJEK TELAH MENDUKUNG PEREKONOMIAN NASIONAL

layanan transportasi online Gojek Indonesia diklaim telah berkontribusi mencapai Rp9,9 triliun per tahun terhadap roda perekonomian Indonesia.

dampak GO-JEK terhadap perekonomian Indonesia. Pada akhir tahun 2017, LD FEB UI menjalankan riset megenai dampak sosial dan ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung yang dihasilkan oleh GO-JEK pada perekonomian Indonesia.

Hasil riset membuktikan bahwa GO-JEK menyumbangkan 9,9 triliun rupiah terhadap perekonomian nasional.  Penelitian yang melibatkan lebih dari 7.500 resonden tersebut mewakili populasi mitra pengemudi, UMKM (mitra usaha mikro, kecil, dan menengah), dan konsumen yang berada di 9 wilayah yaitu Bandung, Bali, Balikpapan, Jabotabek, DIY Yogyakarta, Makasar, Medan, Palembang, Surabaya.


2.     VISI & MISI


1.1  VISI

Memberikan Dampak Sosial Melalui Teknologi. Di awali dengan memberitahu kepada semua orang bahwa kami adalah startup asli Indonesia dengan misi sosial. Kami ingin meningkatkan kesejahteraan sosial dengan menciptakan efisiensi pasar. Melalui teknologi kami berusaha menyebarkan dampak sosial yaitu kehidupan yang lebih baik untuk driver dan keluarganya dengan meningkatkan jumlah penghasilan mereka. Layanan utama GO-JEK sangat penting bagi kota dengan tingkat lalu lintas yang padat seperti Jakarta dan kota lainnya di mana kami beroperasi. GO-JEK menawarkan manfaat besar baik untuk para pelanggan dan penyedia jasa.

 

1.2  MISI

-  Kecepatan :

 

Melayani dengan cepat, dan terus belajar dan berkembang dari pengalaman.

 

-  Inovasi :

 

Terus menawarkan teknologi baru untuk mempermudah hidup Anda.

 

-  Dampak Sosial :

 

Memberikan dampak positif sosial sebesar-besarnya untuk masyarakat Indonesia

 3.     STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN

  3.1 Struktur Organisasi Pusat

 

3.1 Struktur Organisasi Regional




4.     PROSES BISNIS PERUSAHAAN

Proses Bisnis Go-Jek sangat menarik untuk dikaji  melalui keilmuan Teknik Idustri. Kinerja suatu industri bergantung pada seberapa baik proses bisnis yang dirancang atau dikoordinasikan dalam industri tersebut. Dalam kasus jasa Go-Jek, proses bisnis lebih banyak belangsung secara online. Berikut adalah proses yang berlagsung antara penyedia jasa Go-Jek, driver, dan pelanggan.

4.1 Penyedia Jasa Go-Jek

Bisnis berawal dari rekrutment yang dilakukan oleh penyedia jasa untuk mendapatkan beberapa driver. Cara mendaftar sebagai driver dapat dilakukan dengan membuka website resmi www.go-ride.co.id/join. Ketika ada calon driver yang mendaftar secara online, penyedia jasa akan menghubingi via SMS untuk datang ke kantor dengan membawa persyaratan berupa Fotocopy & Asli (KTP, SIM, STNK, SKCK) dan Surat domisili. Penyedia jasa akan memberikan hak kepada driver resmi Go-Jek untuk masuk dalam apikasi khusus driver. Melalui aplikasi ini, peyedia jasa dapat melakukan kontrol terhadap driver.

 

4.2 Driver

Driver resmi Go-Jek akan mendapatkan hak akses pada aplikasi khusus driver Go-Jek. Selain itu, mereka akan mendapat pinjaman jaket dan helm khas Go-Jek sebagai identitas. Setiap driver wajib membuka rekening di CIMB Niaga (studi kasus kota Surakarta) dengan saldo minimal Rp 50.000. Rekening ini berupa rekening ponsel yang terintegrasi dengan aplikasi Go-Jek sehingga penyedia jasa Go-Jek lebih mudah mengambil bagi hasil dari driver . Bagi hasil antara penyedia jasa dan driver adalah 20% : 80%. Pendapatan minimal yang diterima driver adalah Rp 8000 untuk sekali antar sehingga apabila ada seorang driver yang mengantar untuk jarak dekat dengan biaya kurang dari Rp 8000, penyedia jasa akan mentransfer uang tambahan ke rekening driver.

4.3 Pelanggan

Ketika pelaggan pembutuhkan jasa antar Go-Jek, mereka hanya perlu mebuka aplikasi Go-Jek di ponsel mereka dan menentukan titik tujuan mereka. Secara langsung, pelanggan akan mengetahui posisi driver yang aktif disekitar mereka serta berapa rupiah yang harus dikeluarkan. Sangat mudah!!

Go-Jek menciptakan suatu trobosan baru dimana pelanggan ojek tidak perlu lagi pergi ke pangkalan ojek untuk mendapatkan ojek. Pelanggan dapat memanggil ojek dengan cepat, harga termurah, tanpa beranjak dari tempat mereka berada. Dalam Teknik Industri, hal ini merupakan salah satu contoh perbaikan proses bisnis melalui optimasi sistem informasi.


5. MANFAAT DARI WEB PERUSAHAAN BAIK SECARA KHUSUS ATAUPUN UMUM.

5.1 Lebih efisien

Mengapa lebih efisien? Itu karena keefisienan waktu yang di berikan. Dengan menggunakan ojek online kita pun tidak akan terjebak macet apalagi di kota kota besar.

5.2 Praktis dan mudah

Praktis jika kita mau mengirim barang atau mau di jemput dimana pun bisa. Dan cara order nya pun mudah kalian hanya tinggal order di smartphone.

5.3 Lebih nyaman

Dengan kenyamanan yang di berikan kepada pelanggan akan membuat pelanggan tersebut menjadi pelanggan setia ojek online.

5.4 Rapih

Para driver ojek online lebih terlihat rapih menggunakan seragam nya yang membuat pelanggan tidak ragu untuk mengorder nya.

5.5 Aman dan terpercaya

Ojek online tidak hanya sefty driver nya saja tapi mereka juga mengutamakan keselamatan pelanggan nya yaitu dengan menyediakan helm sebagai keamanan jika terjadi kecelakaan pada saat perjalanan.  Driver lebih terpercaya karena sudah terdaftar data nya serta kelengkapan lainnya.

5.6 Kemudahan dalam pembayaran serta tarif pasti

Pembayaran ojek online bisa menggunakan uang tunai atau pun kartu debit dan kredit. Sehingga lebih mudah dan dapat menjangkau masyarakat lebih mudah. Tarif nya pun sudah di tentukan dan pasti lebih murah di bandingkan dengan angkutan umum lainnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar