kebutuhan
Pengguna Desain Pemodelan Grafik dalam Aplikasi Website
Desain Arsitektur Web
Masalah desain web sebenarnya tidak ada aturan yang baku
dalam berkreasi. Namun ada hal yang perlu diperhatikan sehingga sebuah web
dapat memiliki materi yang sesuai dengan tujuan dan sasaran dari dibuatnya web
itu sendiri. Perlu diingat bahwa setiap situs memiliki informasi yang pemakai
butuhkan, dan kemudahan pengaksesannya adalah prioritas tertinggi. Ketika itu
dapat diapresiasikan suatu situs grafik sangat indah dan menawan tata letaknya,
situs itu dapat dikatakan gagal apabila pemakai tidak dapat mengakses situs
itu, tidak dapat melihat grafik atau tidak mengerti bagaimana bernavigasi untuk
mengakses informasi dalam situs itu. Saat ini, sudah sangat banyak aplikasi
berbasis web yang ada, sehingga terkadang seorang harus berfikir jernih dan
memeras otak bagaimana caranya agar aplikasinya tidak dikategorikan sampah
informasi. Disinilah dibutuhkan petunjuk aturan dalam mendesain sebuah situs
web.
Dalam kasus
pemilihan warna teks dengan background, sehingga tidak maksimal dengan tujuan
web tersebut, banyaknya plugins-plugins yang tidak di butuhkan sehingga
kecepatan akses informasi menjadi lebih lambat, seperti menyetel lagu secara
otomatis kaya di web saya ini, menambahkan link di sebelah kanan, yang saya
sendiri tidak pernah membuka, contoh kasus lain adalah pemilihan domain dengan
size yang berlebih atau terlalu kurang.
Beberapa point
penting dalam pembuatan desain aplikasi berbasis web.
1. Harus
cepat
2. Usahakan
pengunjung betah berada disitus
3. Memiliki
tujuan yang jelas
4. Tepat
waktu
5. Menjaga
eksistensi akses
6. Mudah
diakses
7. Keamanan
2. karakter
Beberapa Gambar wajah Karakter dan dari berbagai sudut.
3.Anatomi salah
satu bagian tubuh manusia
4. Environment
(Lingkungan Game).
Dalam game,
karakter animasi tidak sembarangan kita bisa letakkan, kita perlu adanya
lingkungan game atau latar belakang dari game tersebut. Sama seperti animasi,
perkembangan model grafis dari environment pun dibagi menjadi 2D dan 3D.
Contohnya pada game Mario Bros dalam 2D, lingkungan game dari karakter Mario
itu berupa daerah yang penuh dengan pipa, latar belakangnya pun diisi dengan
awan, langit biru dan pohon. Dalam dua dimensi, lingkungan game terkesan hanya
gambar diam, lingkungan game bergerak sesuai dengan pergerakan dari
karakternya.
Berbeda
dengan lingkungan game 3D, daerahnya terlihat lebih hidup dengan grafik yang
mendekati kehidupan nyata. Model grafis dari environment 3D juga sangat
mempertimbangkan penataan dari item-itemnya. Walaupun karakter diam, tapi
item dari environment 3D tetap bergerak sebagaimana semestinya, seperti awan
atau air hujan yang bergerak.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar